Breaking News

Sejarah Singkat Berdirinya Pertamina Solusi BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Hai sobat, pastinya udah pada tau dengan Pertamina, benar ya? Kalau bicara soal pertamina tentu ceritanya seputar BBM, seperti bensin, solar, oli dan ada juga yang namanya BBM premium, pertalite, pertamax dan lain-lain, pokoknya komplit semuanya tentang BBM karena Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Namun sudah tahukah Anda sejarah dan asal muasal berdirinya pertamina puluhan tahun lalu? penasaran ya!

Pengeboran Minyak Pertamina

Seperti penulis himpun dari banyak sumber inilah cerita awal cikal bakal berdirinya Pertamina leading group migas di Indonesia. Di ceritakan pada masa penjajahan tepatnya tahun 1945 saat Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, setelah itu banyak hal yang terjadi seputar proses penyerahaan asset-aset Negara salah satunya iatu diserahkannya tambang minyak Sumater Utara oleh Jepang yang disaksikan oleh pihak tentara sekutu. Daerah perminyakan ini merupakan daerah bekas konsesi sebelum terjadinya perang dunia ke-2. Saat revolusi fisik terjadi tambang minyak tersebut mengalami kerusakan total dan teramat parah, dan lapangan-lapangan minyak yang tersebar di Indonesia saat itu kembali di kuasai oleh pihak penjajah Belanda dan juga pihak asing lainnya berdasarkan hak konsesi, namun kabar baiknya lapangan minyak yang terdapat di Sumatera Utara ( Medan ), dan juga Aceh masih dapat di pertahankan atau diselamatkan oleh bangsa kita bangsa Indonesia.

Cerita berlanjut, ketika kedaulatan Negara Indonesia diakui pada Desember 1949, sampai akhir 1953 Pemerintah kelihatannya masih agak ragu apakah akan mengembalikan lapangan minyak tersebut kepada pihak BPM atau dikuasai sendiri. Setelah penunjukan koordinator lapangan untuk pertambangan oleh Menteri Perekonomian saat itu, tepatnya pada tahun 1954, ternyata belum  memberikan perbaikan yang berarti.

Nah, pada tahun 1957 sekita bulan oktober, KASAD yang waktu itu di jabat oleh Jenderal A.H Nasution memerintahkan kepada Kolonel Dr. Ibnu Sutowo untuk membentuk dan mendirikan Perusahaan Minyak yang berstatus hukum Perseroan Terbatas (PT). maka pada tanggal 10 Desember 1957 PT Pertambangan Minyak Nasional ( PT Pertamina ) resmi didirikan dengan direkturnya Kolonel Dr. Ibnu Sutowo ( Presiden Direktur )

Saat ini Pertamina terus bertransformasi kearah yang lebih baik lagi baik dari segi kualitas produknya maupun focus layanan terhadap masyarakat sesuai dengan visi perusahaan tahun 2014 yakni menjadi perusahaan minyak nasional kelas dunia dengan mengusung konsep tata nilai 6C yaitu Clean, Competitive, Confident, Costumer Focused, Comerciald an Capable. Salahs atu wujud visi misinya saat ini dengan terus mengeluarkan produk-produk BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Demikian sejarah singkat yang menjadi cikal-bakal berdirinya perusahaan BUMN migas terbesar di Indonesia yaitu Pertamina, semoga kedepannya pertamina lebih maju dan baik lagi sesuai visi misinya, sehingga ikut berkontribusi untuk membangun dan mensejahterakan rakyat Indonesia
Sumber : https://tahukahanda77.wordpress.com/2016/11/16/inilah-tips-menggunakan-lpg-yang-aman-baca-yuk/